Welcome Train,Welcome,smilie,smiley,animated gif,train Group Welcome,welcome,smilie,smiley,animated gif,sign,welcome sign Welcome Wagon,Welcome,smilie,smiley,animated gif,wagon welcome,welcome sign,smilie,smiley

Rabu, 31 Oktober 2012

BAB 6 : "POLA MANAJEMEN KOPERASI"

 1. Pengertian Manajemen dan Perangkat Organisasi

  • Pengertian manajemen
  Secara umum pengertian manajemen adalah pengelola suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dengan cara menggerakan orang-orang lain untuk bekerja .
sedangkan menurut George R.Terry (1977) menyatakan manajamen adalah proses yang berbeda terdiri dari planning , orginizing , actuating and controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumber daya lainnya .

  • Pengertian Koperasi
   pengertian koperasi menurut UUD No. 25 tahun 1992 ialah bidang usaha yang beranggitakan orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yag berdasar atas asas kekeluargaan .
koperasi merupakan kumpulan-kumpulan modal dari seseorang ,  koperasi harus betul mengabdi kepada kepentingan perikemanusiaan semata-mata dan bukan kepada kebendaan .

  • Manajemen Koperasi
    manajemen koperasi dapat diartikan sebagai suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan . untuk mencapai tujuab koperasi , perlu diperhatikan adanya sistem manajemen yang baik , agar tujuannya berhasil dengan diterapkannya fungsi-fungsi manajemen .

2. Rapat Anggota

a. Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi
b. rapat anggota koperasi dilaksanakan untuk menetapkan :
    1. anggaran dasar , anggaran rumah tangga dan perubahan anggaran dasar atau anggaran rumah tangga .
    2. kebijaksanaan umum dibidang organisasi ,  manajemen dan usaha koperasi
    3. pemilihan , pengangkatan dan pemberhentian pengurus dan pengawas
    4. rencana kerja , rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi serta pengesahan laporan keuangan .   5. pengesahan pertanggungjawaban pengurus dalam pelaksanaan tugasnya dan pelaksanaan tugas       pengawas bila koperasi mengankat pengawas tetap .
    6. pembagian sisa hasil usaha .
c. Rapat anggota dilakukan sekurang-kurangnya sekali dalam 1 tahun .
d. rapat anggota dapat dilakukan secara langsung atau melalui perwakilan yang pengaturannya ditentukan dalam anggaran rumah tangga .
e. rapat anggota koperasi terdiri dari :
      1. rapat anggota tahunan
      2. rapat anggota rencana kerja dan rencana anggaran pendapatan dan belanja.
      3. rapat anggota khusus

3. Pengurus

Pengurus koperasi dipilih dari kalangan dan oleh anggota dalam suatu rapat anggota . ada kalanya rapat anggota tersebut tidak berhasil memilih seluruh anggota . pengurus dari kalangan anggota sendiri . hal ini demikian umpamanya terjadi jika calon-calon yang berasal dari kalangan-kalangan anggota sendiri tidak memiliki kesanggupan yangdiperlukan untuk memimpin koperasi yang bersangkutan , sedangkan ternyata bahwa yang dapat memenuhi syarat-syarat iialah mereka yang bukan anggota atau belum anggota koperasi .

4. Pengawas

Setelah memilih pengurus , barulah kemudian dibentuk tim pengawas koperasi yang akan bertindak sebagai pengawas atas kinerja pengurus koperasi . dalam pelaksanaan tugasnya , pengurus harus melaporkan kinerjanya kepada pengawas , tetapi pengawas harus merahasiakannya kepada pihak yang bukan anggota koperasi . kemudian hasil dari pengawasa ini disampaikann dalam rapat anggota .

Untuk lebih mudah , mekanisme pengawasan dilakukan sebagai berikut :
Anggota memilih ketua dan pengurus , lalu ketua menentukan pengawsa , pengurus harus lapor kepada pengawas . pengawas haru smelapor kepada ketua  dan ketua akan menyampaikan hasilnya kepada anggota . sehingga ada mata rantai pengawasan dalam koperasi tersebut dan secara tidak langsung semua anggotalah yang melakukan pengawasa.

5. Manajer

Manajer adalah seorang tenaga profesional yang memiliki kemampuan sebagi pemimpin tingkat pengelola , yang di angkat dan di berhentikan oleh pengurus setelah dikonsultasikan dengan pengawas .

Tugas, fungsi  dan tanggung jawab manajer :
1. tugas manajer adalah mengkoordinasikan seluruh kegiatan usaha , administrasi , organisasi dan ketatalaksanaan serta memberikan pelayanan administratif kepada pengurus dan pengawas .
2. untuk melaksanakan tugas tersebut manajer berfungsi :
    a. sebagai pemimpin tingkat pengelola
    b. merencanakan kegiatan usaha , kepegawaian dan keuangan
    c. mengkoordinasikan kegiatan kepala-kepala unit usaha ,kepala sekretaris dan kepala keuangan dalam upaya mengatur , membina baik yang  bersifat tekhnis maupun administratif .
3. berwenang mengambil langkah tindak lanjut atas kebijakan yang telah ditetapkan oleh pengurus

Tata kerja manajer :
1. manajer dapat menghandiri rapat anggota , rapat pengurus dan rapat gabungan
2. manajer membantu sekretaris dalam menyiapkan bahan-bahan yang dibahas dalam rapat
3. manajer membantu mencatat seluruh keputusan atau kebijaksanaan yang diambil dalam rapat
4. manajer mengatur pelaksanaan kegiatan usaha operasional atas keputusan yang telah ditetpkan dirapat
5. manajer melaporkan seluruh pelaksnaan tugas kepada pengurus
6. manajer bertanggung jawab atsa seluruh pelaksnaan tugas .

6. Pendekatan Sistem pada Koperasi

Menurut Draheim koperasi memounyai sifat ganda yaitu :
a. organisasi dari orang-orang dengan unsur ekonomi dan sifat-sifat sosial
b. perusahaan biasanya yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar

Interpretasi dari koperasi sebagai sistem
kompleksitas dari perusahaan koperasi adalah suatu sistem yang terdiri dari orang-orang dan lata-alat teknik . sistem ini dinamakan sebagai socio technologii system yang selanjutnya terjadi hubungan dengan lingkungan sehingga dapat dianggap sebagai sistem terbuka , sistem ini ditujukan pada target dan diharapkan dengan kelangkaan sumber-sumber yang di gunakan .

Cooperative combine 
a. system sosio teknis subatain nya , sistem terbuka pada lingkunganya , sistem dasar target pada tugasnya dan sistem ekonomi pada penggunaan sumber-sumber
 b. semua pelaksanaan dalam keseluruhan kompleks dan pengaruh eksternal , dipengaruhi oleh hubungan sistem , demikian juga dilihat dari sudut pandang ekonomu , tidak cukup hanya melaksankan koperasi secara ekonomis aja , tetapi juga berhubungan dengan hubungan anatr manusia dalam kelompok koperasi dan antara anggota tetapi juga berhubungan antar manusia dalam kelompok koperasi dan antar anggota dengan manajemen perusahaan koperasi dalam lapangan lain . contoh cooperative interprise combine : koperasi penyediaan alat pertanian , serba usaha, kerajinan dan industri .

The businnes function comunication system 
sistem hubungan atara unit-unit usaha anggota dengan koperasi yang berhubugan dengan pelaksnaan dari perusahaan koperasi untuk unit usaha anggota mengenai beberapa tugas perusahaan . sistem komukasi antar anggota

interpersonal communicatin system 
hubungan antara orang-orang yang berperan aktif dalam unit usah anggota dengan koperasi yang berjalan . ICS meliputi pembentukan / terjadi system target dalam koperasi gabungan.


sumber: http://niniezkhairunnisa.blogspot.com/2012/10/pola-manajemen-koperasi.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar